Data Statistik Daerah Kabupaten Lumajang

Data Statistik Daerah Kabupaten Lumajang

       Sesuai dengan Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah, maka pemerintah berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan statistik sektoral di Kabupaten Lumajang. Kegiatan statistik sektoral adalah tindakan yang meliputi upaya penyedian dan penyebarluasan data yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Mengingat pentingnya statistik bagi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi penyelenggaraan berbagai kegiatan di segenap aspek dalam pembangunan suatu daerah, maka pemerintah menyediakan Data Statistik Daerah Kabupaten Lumajang.

       Data statistik daerah Kabupaten Lumajang berisi berbagai data dan informasi terpilih seputar Kabupaten Lumajang yang dianalisis secara sederhana untuk membantu pengguna data dalam memahami perkembangan pembangunan serta potensi yang ada di wilayah Kabupaten Lumajang.

       Data statistik yang disajikan berupa informasi dan indikator terpilih yang terkait dengan pembangunan di berbagai sektor. Diharapkan informasi tersebut dapat menjadi rujukan dan bahan kajian dalam perencanaan maupun evaluasi kegiatan pembangunan. Salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan suatu pembangunan dapat dilihat dari kondisi data statistik daerah karena pada dasarnya data sangat diperlukan sebagai acuan dalam pengambilan suatu kebijakan guna mencapai tujuan pembangunan yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu data statistik daerah harus berkualitas karena memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan sehingga kebijakan yang diambil tepat sasaran.

       Untuk mendapatkan data statistik sektoral yang berkualitas, data yang dihasilkan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. relevan, memenuhi kebutuhan pengguna data.
  2. akurat, mampu secara tepat menggambarkan keadaan yang diukur.
  3. tepat waktu, baik dalam pelaksanaan lapangan maupun waktu penyajian.
  4. mudah terjangkau, oleh para pengguna data.
  5. mudah ditafsirkan, didukung dengan penjelasan dan dilengkapi dengan metadata.
  6. konsisten, dalam konteks antar waktu dan antar wilayah.

       Dalam memenuhi kebutuhan data statistik daerah, Pemerintah Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang untuk membangun pembakuan konsep, definisi, klasifikasi, dan ukuran-ukuran dalam menyelenggarakan kegiatan statistik sektoral. Hal ini juga sesuai dengan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 pasal 12 yang menyatakan bahwa "Statistik sektoral harus diselenggarakan bersama dengan Badan apabila statistik tersebut hanya dapat diperoleh dengan cara sensus dan dengan jangkauan populasi berskala nasional".

Buku Data Ekonomi Daerah Kabupaten Lumajang 2016
    Buku Data Ekonomi Daerah Kabupaten Lumajang 2016
Statistik Daerah Kabupaten Lumajang
  1. Statistik Daerah Kabupaten Lumajang 2016
  2. Statistik Daerah Kabupaten Lumajang 2017
Indeks Harga Konsumen
  1. IHK 2016
  2. IHK 2017
  3. IHK 2018
Nilai Tukar Petani
  1. NTP 2016
  2. NTP 2017
  3. NTP 2018
Lumajang Dalam Angka
  1. LDA 2016
  2. LDA 2017
Kecamatan Dalam Angka
  1. KDA Kab. Lumajang
Indikator Ekonomi Menurut Kabupaten
  1. Indikator Ekonomi Menurut Kabupaten 2016
  2. Indikator Ekonomi Menurut Kabupaten 2017
Indikator Ekonomi Menurut Kecamatan
  1. Indikator Ekonomi Menurut Kecamatan 2016
  2. Indikator Ekonomi Menurut Kecamatan 2017
Produk Domestik Regional Bruto(PDRB)
  1. PDRB menurut Lapangan Usaha 2012-2016
  2. PDRB menurut Pengeluaran 2010-2016
Incremental Capital Output Ratio(ICOR)
  1. ICOR 2017
Incremental Labour Output Ratio(ILOR)
  1. ILOR 2017