Senin, 27 Pebruari 2017 
HOME
    Layanan Dinas Perhubungan

STANDAR PELAYANAN PUBLIK DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN LUMAJANG

  1. LATAR BELAKANG

            Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 19 Tahun 2004, yang merupakan unsur pelaksana Pemerintah Kabupaten Lumajang di bidang perhubungan, mempunyai tugas melaksanakan kewenangan desentralisasi di bidang perhubungan. Untuk melaksanakan tugas dimaksud Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang mempunyai fungsi :

    1. Melakukan Perumusan Kebijakan Tehnis Perhubungan
    2. Melakukan Pemberian Pelayanan Umum dan Perijinan di bidang Perhubungan
    3. Melakukan Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Tehnis Dinas dalam lingkup tugasnya

            Untuk mewujudkan pembangunan di bidang perhubungan secara optimal dan berkelanjutan yang ditujukan bagi sebesar-besarnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat telah ditetapkan visi pembangunan bidang perhubungan yaitu ''Terwujudnya Pelayanan Transportasi di Lumajang yang Tertib, Lancar dan Terjangkau''.
    Adapun misi pembangunan bidang perhubungan adalah :

    1. Mengembangkan system dan prosedur pelayanan transportasi yang berorientasi pada pelayanan prima
    2. Membentuk Sumber Daya Manusia pelayanan transportasi yang berdidiplin, beretos kerja tinggi dan professional
    3. Mengembangkan Strategi pelayanan transportasi yang handal, berkemampuan tinggi, terpadu, tertib dan effisien
    4. Mengembangkan sarana dan prasarana pelayanan transportasi yang menjangkau seluruh wilayah

            Secara garis besar tujuan umum pembangunan bidang perhubungan adalah Meningkatkan Kondisi Pelayanan Prasarana Jalan untuk kelancaran pelayanan angkutan orang, barang dan jasa serta keselamatan lalu lintas jalan melalu program dan kegiatan sebagai berikut :

    1. Peningkatan Aksesibilitas Pelayanan Angkutan Manusia, Barang dan Jasa dengan kegiatan :
      1. Penataan Transportasi Lokal (Tatralok) yang tertur dan dinamis
      2. Pembinaan Tertib Lalu Lintas
      3. Peningkatan Pengawasan dan Pengendalian Lalu Lintas
    2. Peningkatan Sarana dan Prasarana Transportasi dengan kegiatan :
      1. Pengembangan dan Peningkatan sarana dan prasarana transportasi
      2. Peningkatan uji laik jalan kendaraan angkutan manusia, barang dan jasa

  2. MAKSUD DAN TUJUAN

            Maksud : Penyusunan dan Penetapan Pelayanan Public di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang dimaksudkan untuk mempermudah penyelenggara atau pelaksana pelayanan public maupun masyarakat sebagai penerima pelayanan public serta serta pihak-pihak lain yang mempunyai kepentingan.

            Tujuan : Penyusunan dan Penetapan Pelayanan Publik di Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang mempunyai tujuan antara lain :

    1. Mewujudkan kepastian tentang hak, tanggung jawab, kewajiban dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan public di Kabupaten Lumajang
    2. Mewujudkan system penyelenggaraan pelayanan public yang sesuai dengan asas-asas umum penyelenggaraan pemerintahan yang baik di Kabupaten Lumajang
    3. Terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan public secara maksimal
    4. Mewujudkan partisipasi dan keikutsertaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan public sesuai mekanisme yang berlaku


  3. JENIS-JENIS PELAYANAN YANG DILAKSANAKAN DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN LUMAJANG
    1. Pelayanan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor di Kabupaten Lumajang
      1. Pengujian Pertama Kali Pembelian Kendaraan Baru   detail
      2. Pengujian Pertama Kali Karena Mutasi   detail
      3. Pengujian Berkala Atau Periodik   detail
      4. Pengujian Berkala Terakhir   detail
      5. Rubah Data   detail
      6. Ganti Buku   detail
      7. Numpang Uji Keluar Daerah   detail
      8. Mutasi Uji Keluar Daerah   detail
    2. Pelayanan Permohonan STN dan SIM Kendaraan Tidak Bermotor (KTB) di Kabupaten Lumajang   detail
    3. Pelayanan Permohonan Ijin Trayek di Kabupaten Lumajang   detail
    4. Pelayanan Permohonan Surat Ijin Pengusaha Angkutan (SIPA) di Kabupaten Lumajang   detail
    5. Pelayanan Jasa Parkir di Tepi Jalan Umum di Kabupaten Lumajang   detail
    6. Pelayanan Terminal   detail
    7. Pelayanan Bengkel Umum   detail


  4. STANDART PELAYANAN
            Standar Pelayanan memuat ukuran baku pelaksanaan setiap bentuk / jenis pelayanan yang kelengkapannya meliputi :
    1. Persyaratan pelayanan baik administrasi maupun tehnis
    2. Kejelasan Biaya / Tarif pelayanan dan Tata Cara Pembayaran
    3. Waktu penyelesaian Pelayanan
    4. Spesifikasi produk / hasil layanan yang diterima oleh masyarakat sebagai pelanggan
    5. Prosedur pengajuan pelayanan yang harus diikuti oleh masyarakat / pelanggan
    6. Prosedur proses penyelesaian / Bagan Alir
    7. Kompetensi masing-masing petugas yang terlibat dalam proses pemberian / penyelesaian pelayanan
    8. Sarana dan Prasarana yang disediakan baik untuk pelanggan maupun untuk petugas pelayanan dalam melaksanakan     proses penyelesaian pelayanan .termasuk fasilitas pelayanan bagi penyandang cacat
    9. Petugas yang menangani fungsi :
      1. Pelayanan Informasi Publik
      2. Penanganan Pengaduan, Prosedur dan Mekanisme penyampaian serta penyiapan sarana yang diperlukan baik berupa buku catatan pengaduan, surat atau formulir tanda bukti pengaduan dll
    10. Pemberian kompensasi kepada penerima layanan public atas adanya ketidaksesuaian pelayanan dengan standar yang telah ditetapkan, baik berupa perlakuan pelayanan secara khusus maupun berupa pemberian ganti rugi

Sumber data : Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang

 Sekapur Sirih
 Lambang Daerah
 Sejarah Lumajang
 Visi Misi
 Eksekutif
 Legislatif
 Kecamatan

 Layanan Inspektorat (ISC)
 Layanan Perijinan
 Layanan PDAM
 Layanan Perhubungan
 Layanan Tenaga Kerja
 Layanan Perpustakaan
 Layanan Dinas Pasar
 Layanan PD Bank Pasar
 Layanan Bakesbangpol

 RKPD 2015
 RENJA SKPD 2015
 RENSTRA SKPD 2015-2019
 RPJMD 2015-2019
 RTRW 2012-2032
 LAKIP 2015
 Lumajang Dalam Angka 2016
 Indikator Ekonomi
    Kabupaten Lumajang 2016
 Indikator Ekonomi
    Menurut Kecamatan 2016
 IHK Inflasi Kab. Lumajang
    Triwulan I 2016
 IHK Inflasi Kab. Lumajang
    Triwulan II 2016
 IHK Inflasi Kab. Lumajang
    Triwulan III 2016
 IHK Inflasi Kab. Lumajang
    Triwulan IV 2016
 Nilai Tukar Petani (NTP)
    Triwulan I 2016
 Nilai Tukar Petani (NTP)
    Triwulan II 2016
 Nilai Tukar Petani (NTP)
    Triwulan III 2016
 Nilai Tukar Petani (NTP)
    Triwulan IV 2016
 ICOR Kab. Lumajang 2016
 ILOR Kab. Lumajang 2016
 Prestasi Lumajang
 Transparansi Pengelolaan
    Anggaran Daerah

 Dewan TIK Nasional
 ICT-PURA
 Portal Berita Info Publik
 BNN Kab.Lumajang
 Bank Jatim
 SISKAPERBAPO JATIM
 BAPERTARUM - PNS
 BPJS Ketenagakerjaan
     KCP Lumajang

HIT COUNTER