HARAPAN SEKDA, MARCHING BAND GITA WIRA BHAKTI BISA TAMPIL DI HARI BERSEJARAH

27 Januari 2021    DISPORA


Sekretaris Daerah  Drs. Agus Triyono, M.Si berkesempatan membuka latihan Perdana  Marching Band Gita Wira Bhakti Lumajang ( 26/1/'21) berlangsung  di lapangan Basket area Stadion Semeru Lumajang. Nampak hadir Kadispora Paimin, AP. MM, didampingi Sekdin Heri Susanto, SH , Kabid  Kepemudaan Hindam Adri Abadan.S.IP,  kabid Olahraga dan para kasi dilingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Lumajang. Marching Band Gita Wira Bhakti yang personilnya berjumlah 78 orang melalui tahap seleksi kabupaten yang diambilkan dari ASN dilingkungan Pemkab Lumajang baik PNS maupun tenaga kontrak. Marching Band para ASN ini  baru dibentuk maret 2020. Dengan menyebarnya  wabah covid -19 berdampak pada kegiatan berkumpulnya massa, dan mencegah menularnya virus maka aktifitas latihan para personil marching band ini juga dihentikan.

 

Dan ditahun 2021 kegiatan ini dilanjutkan berlatih dengan  tetap mengikuti  prokes seperti menjaga jarak, tetap bermasker, dan cuci tangan memakai sabun. Pada sambutanya Sekda berpesan walaupun dalam kondisi istirahat anggota marching band ini memakai masker jangan dilepas sewaktu bercakap- cakap dengan  temannya. Hal ini disampaikan virus corona masih sulit untuk hilang dari muka bumi ini disebabkan mobilitas aktifitas masyarakatnya tinggi  terutama daerah perkotaan  seperti yang terjadi di kecamatan Lumajang , kec. Sukodono dan  kec. Jatiroto. Sekda penuh harap wabah ini segera berakhir dan Gita Wira Bhakti tentunya, bisa tampil perdana di acara 17 agustus  2021 di alun - alun Lumajang mudah-mudahan imbuhnya. Minimal GWB hafal 1 buah lagu saja, karena kita dikejar waktu ya syukur kalau sudah mahir bisa tampil dengan 4 buah lagu. Karena untuk menjadi anggota marching band tidak hanya dituntut fisik saja yang bugar sehat melainkan  daya intektual, skill juga diperlukan untuk penguasaan terhadap alat- alat musik yang ia dimainkan .Kita wajib bangga menjadi anggota Gita Wira Bhakti Lumajang kalau dulu anggotanya pelajar sekolah menengah atas tetapi sekarang para ASN yang bisa tampil, ujar Sekda Lumajang dan juga mantan Kadispora  ini.

 

Sementara pada laporan panitia yang disampaikan  Kadispora Paimin,, AP. MM menjelaskan bahwa dasar diselenggarakan pelaksanaan kegiatan ini melekat pada DPA Dispora Lumajang tahun 2021 pada program Pengembangan Kapasitas Daya Saing Kepemudaan. Sedangkan maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini membentuk grup marching band yang solid dan membanggakan di Kabupaten Lumajang serta memberikan pemahaman akan ketrampilan bermusik  melalui latihan yang sistematis dan kontinyu serta membentuk karakter yang baik melalui kepercayaan diri, kerja sama yang team,aktifitas fisik yang sehat dan bugar melalui dengan bermain musik serta kegiatan. Marching band mengajarkan bagaimana  mencapai tujuan prestasi yang diinginkan melalui proses latihan sebuah team, serta melatih jiwa leadership (kepemimpinan), sikap loyalitas dan perasaan gembira dalam bermain musik. Dan menurut Kadispora latihan GWB ini akan rutin dilaksanakan setiap hari selasa mulai 26 januari 2021 bertempat di stadion Semeru Lumajang. (dispora-lmj/ns).