DISPORA RANGKUL ORTRAD DENGAN MENGAWALI PEMBUATAN LAPANGAN GASING.

16 Oktober 2020    DISPORA


Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lumajang tidak lepas dari peran baik pelaku olahraga, atlet, sarana prasarana olahraga maupun masalah yang berhubungan dengan kepemudaan. Untuk olahraga dibedakan menjadi olahraga prestasi dan olahraga tradisional. Kadispora Paimin, AP. MM mengajak bidang keolahragan yang membidangi dan seluruh staf untuk terus menerus berkreasi, inovasi apa saja yang sangat di butuhkan untuk olahraga di Kabupaten Lumajang mumpung saat ini kegiataan even olahraga semua di tunda jadi ada waktu untuk membenahi apa yang belum ada menjadi ada. Salah satunya adalah permainan Gasing atau kekean. Permainan Gasing merupakan permainan asli dari Indonesia di Jawa itu tidak asing lagi dan itu harus kita lestarikan. Gasing merupakan alat yang dibuat dari papan kayu yang dibulatkan dengan tektur kayu keras dan kuat dan mudah untuk dibentuk seperti kayu lantoro, kayu sawo maupun kayu jambu dibentuk menyerupai kerucut dengan posisi bawah Gasing ditengahnya diberi isian paku gunanya untuk alat putar sewaktu Gasing dimainkan, sedangkan ujung Gasing paling atas dibentuk rongga penyekat semacam ada tempat lilitan untuk mengaitkan gulungan tali atau benang Gasing untuk dilemparkan sebagai tanda dimulainya  permainan. Untuk ukuran Gasing sendiri berat tidak lebih dari + 100 gram dan papan lempar/lapangan untuk permainan resmi ukuran 1.5 m dengan bentuk melingkar.

Jum’at 16/10/’20  setelah melaksanakan rutin senam SKJ yang dilaksanakan di OPD masing-masing di lanjutkan dengan tasyakuran bersama keluarga besar Dispora Lumajang, yang sudah merampungkan pembuatan lapangan Gasing untuk olahraga Tradisional yang terletak di halaman parkir area Stadion Semeru Lumajang. Sebagai Aparatur Sipil Negara seharusnya kita menjadi tauladan dan contoh yang baik bagi masyarakat. Paimin menjelaskan dalam waktu dekat induk organisasi olahraga Tradisional atau FORMI untuk kabupaten Lumajang rencana tanggal 22 oktober 2020 akan di lantik penggurus FORMI kabupaten. Pada  tahun 2020 mungkin FORMI Lumajang kegiatan masih melekat di Dispora tetapi tidak menutup kemungkinan untuk tahun yang akan datang Federasi Olahraga Tradisional Masyarakat Indonesia di Kabupaten Lumajang akan berdiri sendiri baik dalam hal penganggaran maupun struktur organisasinya tutur Pace panggilan akrab untuk Kadispora yang satu ini.

Kasi Olahraga Tradisional dan Rekreasi Galih Permadi, S.Or menjelaskan bahwa olahraga tradisional Gasing merupakan bagian dari olahraga rekreasi. Tentu banyak hal yang menyangkut   persiapan dalam hal pembuatan sarana prasarana lapangan, alat Gasing/kekean, juga pembuatan Gasing ke tukang bubut semuanya sudah selesai dan saat ini fokus  untuk Pengukuhan penggurus  FORMI Kabupaten periode 2020-2024 segera terpenuhi dalam hal administrasi, menurut Galih Ketua  FORMI Prov. Jatim akan hadir beserta 6 orang anggota dari masing-masing ketua organisasi FORMI pada acara pengukuhan. Rencana pengukuhan FORMI untuk Kabupaten  Lumajang tahun 2020  akan  dilaksanakan di Gedung Panti  PKK Kabupaten. (dispora-lmj/ns).